Jumat, 01 Juni 2012

Doitsu Koi Tanpa Sisik

Doitsu Koi Tanpa Sisik & Mengenal Spirulina Sebagai Penambah Kecemerlangan Warna Koi

Doitsu Koi Tanpa Sisik

   Doitsu merupakan Koi yang tidak memiliki sisik di sekujur tubuhnya. Doitsu Koi hampir bisa dijumpai pada semua jenis Ikan Koi. Misalnya saja doitsu Kohaku, doitsu Sanke dan lain sebagainya. Pada awalnya doitsu Koi merupakan hasil persilangan koi Jepang dengan ikan karper Jerman yang minim sisik di tubuhnya.

Doitsu Kohaku,Photo

Karena tidak memiliki sisik, biasanya Kiwa (Batas tepi warna) pada doitsu cukup tajam yang menjadi salah satu kriteria koi yang baik. Untuk menilai kualitas doitsu koi biasanya mengikuti varietas aslinya. Misalnya saja doitsu kohaku penilaiannya mengikuti standard penialaian kohaku. Doitsu Sanke maka penialainnya akan mengikuti standar penilaian Koi Sanke.

Mengenal Spirulina Sebagai Penambah Kecemerlangan Warna Koi

       Seringkali dijumpai makanan koi dengan label “Spirulina Added”, bagi penggemar Ikan koi  spirulina menjadi sesuatu yang sudah tidak asing lagi sebagai tambahan pada makanan ikan koi. Spirulina merupakan ganggang biru-hijau yang memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi kecemerlangan pada ikan Koi, karena itu lazim dipakai sebagai tambahan  makanan ikan Koi. Sampai sekarang Spirulina menjadi suplemen utama dalam makanan penambah waena pada ikan Koi. Pada tulisan terdahulu Kecemerlangan dan ketebalan warna Ikan Koi dipengaruhi oleh jumlah sel-sel pigmen warna yang berada dibawah kulit ikan Koi. Jumlah sel-sel ini akan berubah sesuai dengan kondisi lingkungan dan makanan yang dikonsumsi. Konsumsi makanan yang mengandung zat-zat warna ini akan membantu mencemerlangkan dan mencerahkan warna ikan Koi. Selain makanan faktor lingkungan seperti air kolam koi juga ikut mempengaruhi kecemerlangan dan kecerahan warna koi.

Spirulina adalah alga hijau biru yang berbentuk spiral yang memiliki panjang sel adalah 300-500 mikron atau sekitar ½ milimeter, sehingga tidak dapat dilihat dengan kasat mata. Spirulina dapat hidup di kolam yang hangat dan sedikit mengandung garam. Dia tumbuh sangat cepat dan merupakan salah satu penghasil oksigen di planet ini. Tumbuhan satu sel yang sangat sederhana ini adalah satu komponen utama dari rantai makanan dan kehidupan di planet ini. Sebagai makanan sehat yang seimbang, spirulina berfungsi untuk mencegah penyakit dan mempercepat penyembuhan. Spirulina bersifat sangat alkali sehingga dapat membantu memperbaiki keseimbangan pH basa pada sel tubuh.

Kandungan Nutrisi Spirulina

Ganggang Spirulina memiliki kandungan Nutrisi dengan komposisi sebagai berikut :
60 – 70% Protein
20 – 25% Karbohidrat
3 – 5% Lemak
5 – 8% Mineral dan Vitamin
2 – 5% Air Pigmen

Manfaat Spirulina Bagi Ikan Koi

Manfaat penambahan spirulina pada makanan ikan adalah mencerahkan warna ikan, menaikan pertumbuhan rata-rata, dan bau dari ikan tersebut. Ikan memberikan respon kepada rasa spirulina dan membuat ikan lebih berdaging. Ikan akan tumbuh lebih cepat, rasanya lebih enak, dan mencegah penyakit.
Pada spesies ikan tropis, spirulina merupakan bagian yang penting dalam kandungan makanan. Lima manfaat spirulina untuk kesehatan ikan adalah sebagai berikut:
1) Spirulina mengandung vitamin dan mineral.
2) Spirulina kaya akan muco protein baik untuk kesehatan kulit.
3) Kandungan phycocyanin yang dapat mengurangi obesitas dan membuat ikan menjadi lebih sehat.
4) Kandungan asam lemak yang berguna untuk pertumbuhan organ.
5) Spirulina mengandung zat pewarna natural seperti carotenoids.
Dengan memberi spirulina, ikan tropis akan menjadi lebih indah, sehat, dan dapat hidup lebih lama.
Doitsu Hariwake,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar