Jumat, 01 Juni 2012

Memilih Koi Jenis Sowa dan Mengenal koi Jenis Sankei

Memilih Koi Jenis Showa

Memilih Koi Jenis Showa

        Koi Jenis Showa atau sering disebut juga dengan Showa Sansoku merupakan Ikan Koi yang memiliki tantangan tersendiri bagi penghobi Koi. Warna pada Showa cenderung sering mengalami perubahan seiring dengan pertumbuhan ikan Koi. Hal ini membuat penghobi harus memiliki kejelian dalam memilih, memprediksi masa depan koi dan cara memeliharanya. Showa Sansoku merupakan Koi tiga warna Merah, Putih dan hitam seperti halnya Sanke. Hanya saja prosentase warnanya saja yang berbeda. Showa. Prosentase warna Hitam pada showa lebih banyak dibandingkan Sanke.

Dalam klasifikasi Ikan koi Showa masuk dalam keluarga Gosanke ( Kohaku, Sanke dan Showa) yang biasanyan merupakan persilangan antara Koi Kohaku dengan Shiro Utsuri. Showa Klasik memiliki prosentase warna 40% Merah, 40% Hitam dan 20 % warna Putih. Modern Showa memiliki prosentase warna Merah,Hitam dan Putih yang sama . Untuk mendapatkan hasil yang maksimal Showa penghobi Koi merekomendasikan pemeliharaan Koi Showa pada Hard Water. Hard water akan meningkatkan kualitas Sumi/warna hitam pada showa.

Tips Memilih Koi Showa

Berdasarkan pendapat Dr. Arthur Lembke ada beberapa kriteria yang bisa diterapkan dalam memilih Koi jenis Showa ini. Berikut point-point tips tersebut:
1. Memiliki Semua Pola Kohaku yang baik. Koi Showa mengandung warna Merah dan Putih seperti Koi Kohaku, perhatikan Pola ini, baik dari Kualitas Hi (merah) maupu putihnya.
2. Kepala Terdiri atas 3 warna Merah,Putih dan Hitam dalam jumlah yang sama.
3. Pola Warna pada kepala yang paling baik adalah Pola Kohaku dan strip hitam berbentuk V Pada.
4. Pola Warna Hitam Pada showa akan terus berkembang, pilih yang memiliki waran meraqh dan putih yang baik.
5. Warna Merah ada Showa pada awalnya bisa berwarna Orange dan akan berkembang menjadi merah seiring pertumbuhan.
6. Pectoral Fin Idealnya hampir semua berwarna hitam kecuali untuk bagian terluar.
7. Sirip Tidak Boleh berwarna merah, Semua sirip berwarna putih atau sedikit hitam.
8. Persentase warna pada showa Klasik adalah 40% Merah, 40% itam dan 20 % Putih.Modern Showa memiliki persentase warna Merah,Hitam dan Putih yang sama.
9. Showa merupakan Koi yang paling sulit dipilih saat muda karena selalu mengalami perubahan saat tumbuh.
Selamat Memilih Showa.

Menilai Perkembangan Showa

       Showa merupakan koi yang sulit diprediksi perkembangannya di masa depan. Pada usia-usia awal perubahan yang terjadi bisa sangat drastis. Hal inilah yang membuat koi showa sangat menantang bagi pecinta koi. Selain memberikan tantangan tersendiri memilih koi showa untuk masa depan juga memerlukan keahlian dan ketelitian untuk memprediksi perkembangannya di masa depan.

Untuk mempermudah memprediksikan perkembangan showa di masa depan saat usia muda, penting untuk melihat bagian per bagian dari showa. Untuk mempermudah mari kita lihat gambar showa pada saat usia 10 bulan. Showa dengan usia 10 bulan masih cukup muda dan akan mengalami perubahan-perubahan. Pertama kali yang penting untuk dipertimbangkan adalah melihat dari tubuh koi yang harus panjang, ramping dan simetris.


Showa
Showa 10 Bulan

Yang kedua adalah Sumi (hitam) yang masih nampak jauh di bawah kulit dan belum begitu jelas. Tipe showa ini adalah Modern showa. Pada bagian insang dan ekor nampaknya tidak akan mengalami perubahan sampai usia dewasa. Warna hitam di atas merah memang masih nampak sebagai kotoran, namun jika suatu saat menebal akan menjadi pola yang cukup indah bagi showa dewasa.
Warna merah (Beni) pada showa muda masih nampak seperti orange, seiring dengan pertumbuhannya warna orange ini akan berubah menjadi lebih merah. Warna merah pada showa dan sanke memang memiliki karakteristik yang berbeda dengan warna merah kohaku. Warna merah pada kohaku terlihat lebih halus dibandingkan dengan showa.


Pertumbuhan Showa
Pertumbuhan Showa


Setelah mengamati warna merah lalu beralih pada pola. Pola warna bagian hidung putih merupakan pola yang cukup sulit dicari pada showa. Ekor berwarna putih dan tidak ada warna merah yang nyasar ke bagian sirip ekor. Merah di bagian punggung kemungkinan akan lebih redup dan didominasi warna hitam. Pola warna merah membentuk 3 step warna dengan sashi dan kiwa yang cukup baik.

Mengenal Koi Jenis Sanke

Centralkoi — Sanke merupakan Koi dengan komposisi tiga warna di tubuhnya yaitu Merah (HI), Putih Dan hitam (SUMI). Seperti sudah banyak diketahui banyak ragam jenis koi yang dikelompokkan dalam beberapa klasifikasi ikan koi. Sanke merupakan koi yang masuk dalam yang dalam klasifikasi Gosanke (Kohaku, Sanke Dan Showa). Dalam bahasa Jepang Sanke dikenal juga dengan nama Taishio Sansoku. Koi jenis Sanke merupakan koi yang sering dimasukkan dalam kategori utama pada kejuaraan kontes koi. Tidak heran jika banyak penggemar yang menyukai koi jenis ini.

Seperti halnya koi  Kohaku ketajaman warna merah dan putih menjadi kriteria kualitas Koi sanke. Pola hitam juga harus memiliki warna yang tegas dan hitam pekat. Warna putih juga harus putih seperti salju. Secara genetik Sanke merupakan hasil persilangan antara Kohaku dengan Shiro Bekko (Koi putih dengan spot hitam di atasnya ). Koi Jenis Sanke pertama kali ditemukan di Ojiya City, di Nigata di antara burayak Kohaku, yang memiliki warna berbeda dan akhirnya dikembangkan menjadi jenis Sanke ini.
Sanke 38 Bu Koleksi Nigata
Sanke 38bu Kokugyo Winner All Japan Young Koi Show, Foto Koleksi Nigata-nishikigoi
Untuk membedakan dengan Showa yang sama-sama memiliki tiga warna merah,putih dan hitam, Koi jenis Sanke lebih cenderung memiliki corak hitam dalam persentase yang lebih sedikit. Dasar Sanke yang baik merupakan pola kohaku yang baik ditambah dengan pola warna hitam di atasnya. Komposisi warna pada sanke 70% warna merah, 10% warna hitam dan sisanya warna putih. Pola warna hitam harus legam dan tegas, tidak ada bayangan. Warna Hitam pada Koi Sanke terkadang bisa muncul dan bisa hilang dalam masa hidupnya. Warna hitam tidak akan muncul lagi setelah Koi Sanke mencapai usia tertentu dan sudah finish. Faktor air akan sangat berpengaruh dalam pembentukan pola warna hitam ini. Sehingga faktor air harus benar-benar diperhatikan. Ada istilah yang sering dipakai untuk mendeskripsikan Sumi pada sanke. Sumi(hitam) pada sanke yang berada di atas warna putih disebut Tsubo Sumi sedangkan Sumi yang muncul di atas warna merah disebut dengan Kasane Sumi.
Secara umum penilaian kualitas sanke adalah sama dengan Kohaku. Pada bagian kepala idealnya tidak terdapat warna hitam(sumi),dan memiliki pola warna mnerah di kepala seperti halnya kohaku yaitu berbentuk U besar dan tidak sampai turun ke bagian bawah wajahnya. Selain itu komposisi warna juga harus memiliki keseimbangan , Sanke tidak akan memiliki keindahan jika komposisi warna tidak seimbang. Misalnya merah di bagian depan semua, kemudian warna hitam di bagian belakang. Seimbang wana antara bagian samping kanan dan kiri, seimbang antara bagian depan dan belakang. Idealnya pola warna sanke adalah pola kohaku yang baik di beri spot hitam berimbang di beberapa bagian.
Warna hitam pada sanke biasanya akan berkembang di kemudian hari seiring dengan perkembangan Koi. Di saat usia muda terkadang ada bagian warna hitam yang belum muncul, tetapi lambat laun akan muncul warna hitam pada bagian tubuh sanke. Karena itu pada saat usia Koi Sanke masih muda jangan memilih sanke yang terlalu banyak warna hitam. Bagian Sirip Sanke juga menjadi penilaian kualitas Sanke , Koi Sanke  yang baik memiliki sirip berwarna putih atau putih dengan stripe hitam, tetapi harus berhati-hati jangan memilih terlalu banyak warna hitam pada bagian sirip, ada kemungkinan warna hitam pada sirip akan berkembang.

Ringkasan Tips Memilih Koi Sanke

1. Semua Syarat yang ada pada Koi Kohaku
2. Hitam Tidak pada Kepala tapi pada punggung Ikan Koi.
3. Hitam dimulai tepat dibelakang Kepala Koi.
4. Pola Hitam Seimbang dan lebih baik pada bagian warna putih dibandingkan diatas warna merah.Warna Hitam di atas wana merah bisa diakomodasi.
5. Bintik-bintik hitam lebih baik jika tidak lebih besar dari seperempat dan tidak boleh mengalihkan perhatian dari pola merah.
6. Prosentase warna pada Koi Sanke adalah merah 70%, Hitam 10% dan sisanya Putih.
7. Sirip Berwarna Putih. Boleh Ada Strip Hitam tetapi jangan terlalu banyak. Seiring dengan pertumbuhaan Koi sanke, strip bisa berkembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar